BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 1 No. 2 (2021)

Pengembangan Modul untuk Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup dengan Tema Kearifan Lokal Tumbuhan Obat untuk Siswa SMP/MTs

Saskia Anggun Khairun Nissa (Institut Agama Islam Negeri Bengkulu)
Kasmantoni Kasmantoni (Institut Agama Islam Negeri Bengkulu)
Wiji Aziz Hari Mukti (Institut Agama Islam Negeri Bengkulu)
Suharyati Suharyati (Sekolah Dasar Negeri 73 Seluma)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul dengan tema kearifan lokal tanaman obat. Adapun prosedur dan tahap pengembangan dalam penelitian ini yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Penelitian yang dilakukan tidak sampai tahap produksi massal dari produk yang sudah dihasilkan, karena peneliti hanya melihat kelayakan produk berdasarkan penilaian validator, pendidik IPA, sehingga keterbatasan peneliti tidak mencakup semua langkah pengembangan yang ada. Hasil validasi dari 3 dosen Institut Agama Islam Negeri Bengkulu yaitu ahli bahasa, ahli materi, dan ahli desain untuk menguji kelayakan Modul Untuk Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Dengan Tema Kearifan Lokal Tanaman Obat Untuk Siswa SMP/MTS yang dikembangkan dinyatakan “sangat layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan persentase hasil penilaian ahli bahasa sebesar 85% sedangkan hasil penilaian ahli materi sebesar 85,45% dan hasil penilaian ahli media sebesar 82,44%. 3. Uji respon dilakukan terhadap 11 orang siswa kelas VII dan 1 orang respon Guru IPA yang ada di MTsN 02 Bengkulu Tengah dinyatakan “sangat praktis” dengan total nilai persentase respon peserta didik sebesar 85,45% dan persentase respon pendidik sebesar 85,71% tergolong dalam kategori “sangat layak”.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...