Edukasi: Jurnal Pendidikan
Vol 12, No 2 (2014): Edukasi: Jurnal Pendidikan

Tingkat Kompetensi Pegagogik Guru Sejarah SMA/MA dalam Memanfaatkan Pembelajaran Berbasis Komputer di Kota Pontianak

Saiful Bahri (Pendidikan Sejarah, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat)
Emi Tipuk Lestari (Pendidikan Sejarah, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kompetensi pedagogik guru sejarah SMA / MA dalam menggunakan pembelajaran berbasis komputer. sebelum pengukuran kompetensi guru mengembangkan standar tes. Proses pengembangan tes dilakukan dalam dua tahap melalui ahli judgment oleh para ahli dan pengujian empiris. Uji validitas konstruk dihitung dengan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa di MAN 1 Pontianak 74,125% dan 85,6%  MAN 2 Pontianak telah memiliki persepsi yang baik dari teori kurikulum pembelajaran, sedangkan sisanya adalah 66% dan 76,4% memiliki persepsi yang baik juga untuk Sarana dan prasarana yang digunakan selama proses pembelajaran. Sebanyak 67.1% dan 76,1% memiliki persepsi yang baik dari proses pembelajaran yang terjadi selama belajar teori. Selain itu sebanyak 67,9% dan 82,25% memiliki persepsi yang baik dari evaluasi yang dilakukan dalam sejarah pembelajaran. Terakhir sebanyak 67.1% dan 76,1% memiliki persepsi yang baik juga untuk Pendidik yang mengajar pelajaran sejarah. Hasil perhitungan menyimpulkan bahwa tes yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan pedagogis guru sejarah. Hasil pengukuran yang diperoleh guru sejarah SMA/MA Pontianak dalam kategori baik, dan kebutuhan untuk meningkatkan pengetahuan guru di lapangan.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education

Description

EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a Research Scientific Journal published two times a year by LPPM IKIP PGRI Pontianak with p-ISSN 1829-8702 (print) and e-ISSN 2407-1803 (online). The article contains the results of research and other scientific literature related to education, learning, science, ...