Edukasi: Jurnal Pendidikan
Vol 15, No 1 (2017): Edukasi: Jurnal Pendidikan

Analisis Kemampuan Dasar Mengajar Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak dalam Pelaksanaan Program Pengalaman Praktik Lapangan

Mai Yuliastri Simarmata (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat)
Idham Azwar (PPKn, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat)
Kamaruzamman Kamaruzamman (Bimbingan dan Konseling, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2017

Abstract

Penelitian dilakukan pada mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan IKIP PGRI Pontianak Tahun Akademik 2016/2017. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran pada saat melakukan Praktik Pengalaman Lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian survei. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung dan teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa panduan wawancara dan angket. Subjek penelitian adalah 87 sekolah yang ada di 14 Kabupaten Kota di Kalimantan Barat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dasar mengajar mahasiswa dalam melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan cukup baik. Hal tersebut tampak pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan mahasiswa dalam melaksanakan praktik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education

Description

EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a Research Scientific Journal published two times a year by LPPM IKIP PGRI Pontianak with p-ISSN 1829-8702 (print) and e-ISSN 2407-1803 (online). The article contains the results of research and other scientific literature related to education, learning, science, ...