Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

KONTRIBUSI KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA

Ira Nofita Sari (Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak Jln. Ampera No.88 Pontianak)
Idham Azwar (Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak Jln. Ampera No.88 Pontianak)
Riska Riska (Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak Jln. Ampera No.88 Pontianak)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2017

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi keterampilan proses sains siswa terhadap hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya di kelas VII SMP Negeri 2 Sayan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sayan. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa terdapat kontribusi keterampilan proses sains siswa terhadap hasil belajar pada materi wujud zat dan perubahannya tergolong sangat tinggi. Kata Kunci:  keterampilan, proses sains, hasil belajar.

Copyrights © 2017