Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Vol. 7 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

ANALISIS KEVALIDAN LKS BERBASIS HIERARKI KONSEP PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Lya Deni Prilianti (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Jalan Ahmad Yani No. 111 Pontianak-Kalimantan Barat)
Dedeh Kurniasih (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Jalan Ahmad Yani No. 111 Pontianak-Kalimantan Barat)
Fitriani Fitriani (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Jalan Ahmad Yani No. 111 Pontianak-Kalimantan Barat)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan LKS berbasis hierarki konsep pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Kevalidan diukur dari penilaian validator dari aspek materi, media, dan bahasa menggunakan lembar validasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli. Validasi terhadap LKS berbasis hierarki konsep dilakukan oleh dua orang validator. Data penelitian yang diperoleh berupa skor kevalidan LKS berbasis hierarki konsep dari lembar validasi ahli materi, media, dan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS Berbasis Hierarki Konsep yang dikembangkan ditinjau dari aspek materi, media, dan bahasa telah valid dengan nilai kevalidan rata-rata sebesar 1,00 dan berada pada kriteria sangat tinggi, sehingga telah dapat digunakan sebagai sumber belajar.Kata Kunci: kevalidan, LKS hierarki konsep, kelarutan dan hasil kali kelarutan

Copyrights © 2018