Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan menulis antara siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Tanjung Raja yang diajar dengan teknik ubah diary dan yang tidak. Metode eksperimen semu digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Tanjung pada tahun akademik 2019/2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen, skor rata-rata tes awal adalah 51,74 dan skor rata-rata tes akhir adalah 68,04. Sementara itu, pada kelas kontrol, skor rata-rata tes awal adalah 48,26 dan skor rata-rata tes akhir adalah 55,87. Berdasarkan hasil uji-t sampel independen, ditemukan bahwa t-hitung (4,167) lebih tinggi dari t-tabel (2,0129) dengan tingkat keabsahan 44 pada tingkat signifikansi probabilitas di bawah 0,05. Ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan menulis antara siswa kelas tujuh SMP Muhammadiyah Tanjung Raja yang diajar dengan teknik ubah diary dan siswa yang tidak.
Copyrights © 2020