Pandemi Covid-19 berhasil merubah proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka di sekolah beralih menjadi pembelajaran jarak jauh yang bisa dilakukan dari rumah. Pemanfaatan media online menjadi solusi agar anak tunagrahita tetap mendapatkan layanan pendidikan di masa pandemi covid-19. Namun demikian dalam prateknya guru SD mengalami berbagai kendala dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang alami guru SD dalam pembelajaran matematika pada anak tunagrahita di masa pandemi covid-19. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas tinggi di salah satu sekolah dasar di Lombok Barat. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa kendala yang dialami guru dalam proses pembelajaran matematika pada anak tunagrahita di masa pandemi covid-19 adalah: 1) Jaringan internet tidak stabil; 2) Guru tidak bisa memberikan bimbingan secara langsung; 3) Media online yang bisa digunakan untuk mengajar terbatas; 4) Aktivitas belajar tidak bisa dikontrol; 5) Motivasi belajar menurun. Dari hasil penelitian, peneliti juga menemukan bahwa sebagian kendala di atas dapat diatasi oleh guru dengan menerapkan beberapa strategi seperti: 1) Guru meminta orang tua agar menggantikan peran guru dalam mendampingi dan membimbing anak tunagrahita; 2) Guru menggunakan media audio visual agar anak tunagrahita lebih mudah memahami konsep matematika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021