Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 7, No 1 (2021): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional dan Akhlak Peserta Didik

Hakim, Arif Rahman (Unknown)
Zohrani, Zohrani (Unknown)
Yazid, Muh. (Unknown)
Kudsiah, Musabihatul (Unknown)
Alwi, Mijahamuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional dan akhlak peserta didik kelas 6 di SDN 4 Masbagik Timur tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi secara langsung dengan informan di lapangan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model alir Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional dan akhlak peserta didik di SDN 4 Masbagik Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya dampak negatif dan positif terhadap perkembangan emosional dan akhlak peserta didik. Dampak positifnya yaitu dapat digunakan sebagai media informasi, komunikasi, dan media pembelajaran.  Sedangkan dampak negatifnya yaitu dapat mempengaruhi perilaku peserta didik, membuat peserta didik malas belajar, dan juga terjadinya pemborosan.

Copyrights © 2021