ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)
Vol 2, No 1 (2021): Maret

STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI UKM TERDAMPAK COVID-19 DI KELURAHAN SIDOREJO TEMANGGUNG

Camila Azhar Ramadhanty (Universitas Tidar)
Deninta Raefanty Nadya (Universitas Tidar)
Zumrotul Mustaqimah (Universitas Tidar)
Rolisda Yoshinta (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2021

Abstract

Dunia sedang mengalami pandemi Covid-19 termasuk Indonesia. Himbauan untuk mencegah mata rantai penyebaran virus ini mengharuskan masyarakat untuk berdiam diri di rumah. Hal ini berdampak pada ketidakstabilan ekonomi dan salah satu yang terdampak adalah UKM (Usaha Kecil Menengah). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menganalisis dampak pandemi Covid-19 terhadap eksistensi UKM di Indonesia salah satunya di kelurahan Sidorejo, Temanggung, Jawa Tengah; 2) mengidentifikasi media digital marketing yang digunakan oleh UKM di Kelurahan Sidorejo, Temanggung, Jawa Tengah; dan 3) mengidentifikasi strategi-strategi yang dapat mendongkrak keberhasilan UKM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan langkah eksploratif dengan teknik observasi partisipatif dan wawancara terhadap 10 UKM di Kelurahan Sidorejo, Temanggung. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Covid-19 berdampak pada keberlangsungan UKM di mana rata-rata penjualan UKM mengalami penurunan selama pandemi. Dengan demikian, dibutuhkan strategi yang tepat untuk mempromosikan produk selama pandemi. Pemilihan strategi digital marketing dirasa paling tepat, karena dilakukan melalui media digital secara daring dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Whatsapp, dan lainnya. Pemasaran secara daring juga dilakukan pada e-commerce ­seperti Shopee, Grab, Gojek, Tokopedia, dan media lainnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

abdipraja

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu di antaranya: Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Kedokteran Kesehatan Teknik Bahasa Ekonomi Sosial Humaniora Agama dan Filsafat Seni Desain dan ...