Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI)
Vol 2, No 04 (2021): Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI)

Perancangan Aplikasi Edukasi Pengenalan Fauna Endemik Indonesia Berbasis Augmented Reality

Muhammad Firman Ghozali (Universitas Indraprasta PGRI)
Heri Satria Setiawan (Universitas Indraprasta PGRI)
Bayu Jaya Tama (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kurangnya media pembelajaran yang interaktif untuk memperkenalkan fauna endemik Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini terdapat banyak metode pembelajaran yang memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam penerapannya, salah satunya adalah teknologi Augmented Reality. Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikannya secara real time. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang aplikasi pengenalan fauna endemik Indonesia dengan menerapkan teknologi Augmented Reality. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Grounded Research, yaitu metodologi penelitian kualitatif yang menekankan penemuan teori dari data observasi empirik di lapangan dengan metode induktif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan mengenai fauna endemik Indonesia serta memberi pengalaman pengguna (User Experience) tentang teknologi Augmented Reality. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrami

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JRAMI merupakan media publikasi online khusus bagi mahasiswa/i di Program Studi Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Indraprasta PGRI. Setiap mahasiswa/i yang memiliki hasil riset dari PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) dan atau Tugas Akhir dapat mempublikasinya dalam bentuk ...