AbstrakPandemi COVID-19 memaksa pembelajaran dilaksanakan secara daring. Video tutorial merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan video tutorial dalam pembelajaran daring yang ditinjau dari tingkat kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ambarawa pada materi trigonometri dengan mengambil 33 siswa sebagai sampel. Penelitian jenis eksperimen semu (quasi experimrntal research) ini menggunakan desain the one group pretest-posttest design. Analisis data menggunakan uji non parametik yaitu uji Wiloxcon pada taraf signifikan . Hasil uji hipotesis menyimpulkan bahwa penggunaan video tutorial secara signifikan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan tingkat kemandirian belajar tinggi dan sedang, tetapi tidak untuk siswa dengan tingkat kemandirian belajar rendah. Hasil ini menunjukan bahwa untuk mencapai hasil belajar yang optimal tidak hanya diperlukan dukungan faktor eksternal seperti model dan media pembelajaran, namun juga dari faktor internal yang salah satunya adalah kemandirian siswa dalam belajar.Kata Kunci: pembelajaran daring, video tutorial, hasil belajar, trigonometri, kemandirian belajar AbstractThe COVID-19 pandemic forces learning to be carried out online. Video tutorials are a learning medium that can facilitate students to learn independently . This study aims to determine the effective use of video tutorials in online learning in terms of the level of student learning independence. This research was conducted at SMA Negeri 1 Ambarawa on trigonometric material by taking 33 students as samples. Penelitian kind of quasi-experiment (quasi experimrntal research) is to use the design of the one-group pretest-posttest design . The data analysis used a non-parametric test, namely the Wiloxcon test at a significant level . The results of the hypothesis test concluded that the use of video tutorials was significantly effective in improving student learning outcomes with high and moderate levels of learning independence, but not for students with low levels of learning independence. These results indicate that to achieve optimal learning outcomes, it is not only necessary to support external factors such as learning models and media, but also from internal factors, one of which is the independence of students in learning.Keywords: online learning, video tutorials , learning outcomes, trigonometry, independent learning
Copyrights © 2021