Journal of Nonformal Education and Community Empowerment
Vol 5 No 1 (2016)

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK PEMBERDAYAAN KELOMPOK PEMUDA PRODUKTIF DI PONDOK PESANTREN IHYAHUL KHOER

Hidayat, Dayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis proses, hasil dan dampak pelatihan kewirausahaan untuk pemberdayaan kelompok pemuda produktif di pondok pesantren Ihyahul Khoer desa Cintalanggeng Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang. Penelitian dilakukan menggunakan kualitatif metode studi kasus untuk mendeskripsikan secara detail, analisis tema atau pokok bahasan, dan interpretasi tentang pelatihan kewirausahaan untuk pemberdayaan kelompok pemuda produktif di pondok pesantren Ihyahul Khoer. Subyek penelitian ditentukan satu orang pengurus pondok pesantren dan tiga orang santri. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Tahapan penelitian melalui (a) orientasi, (b) eksplorasi, dan (3) tahap member check. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif melalui langkah-langkah (a) koleksi data (data collection), (b) reduksi data (data reductionaI), (c) penyajian data (data display) dan (d) penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion/ verifying). Pelaksanaan pelatihan kewirausahaan budi daya ikan merupakan proses transformasi pengetahuan, sikap dan keterampilan tentang cara pembenihan, pendederan, pembesaran, penampungan, dan pemasaran ikan hasil budi daya. Pelatihan dilakukan melalui pendekatan partisipatif, metode berkelompok dan teknik ceramah, tanya jawab, demontrasi, penugasan (drill), kerja kelompok, dan praktek lapangan. Hasil pelatihan kewirausahaan budi daya ikan yang telah diperoleh para santri berdasarkan ranah kognitif, afektif, dan keterampilan budi daya ikan. Para santri setelah mengikuti pelatihan kewirausahaan budi daya ikan, memperoleh peningkatan pendapatan. Dampak pelatihan memberikan bekal bagi para santri tentang aspek managerial skill, production technical skill, dan personality develovmental skill. Intinya adalah menanamkan sikap dan semangat mandiri serta kemampuan kerjasama dan tertanamnya paradigma kewirausahaan bagi para santri.    

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jnfc

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

The Journal of Nonformal Education and Community Empowerment is published twice a year in June and December. This journal is published by the Department of nonformal Education Faculty of Education Semarang State University since 2012, in 2017 changed with the new ISSN and in collaboration with the ...