Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis sikap, minat belajar, motivasi belajar, sikap terhadap motivasi belajar, pengaruh minat belajar terhadap motivasi belajar, dan pengaruh sikap dan minat belajar terhadap motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner penelitian dan dokumentasi Jenis penelitian expost facto, dan teknik analisisnya adalah teknik regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini merupakan peserta didik pendidikan kesetaraan paket c SKB Jepara. Sampling dalam penelitian ini menggunakan propability proportionate random sampling. Hasil penelitian menunjukkan tingkat sikap, minat dan motivasi belajar peserta didik paket c SKB Jepara dikatakan “Cukup Baik†. Hasil analisis diketahui skor F hitung = 39,403 lebih besar dari F tabel = 3,06 sehingga disimpulkan sikap dan minat belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar. Besaran pengaruh sikap dan minat belajar terhadap motivasi belajar mencapai 74,50%.
Copyrights © 2019