Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peroses PembelajaranPengolahan Barang Bekas Di Sanggar Belajar Keluarga MahasiswaFKIP di Desa Sribanding yang meliputi tahapan persiapan, pelaksanaandan hasil. Jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Subjek penelitian berjumlah 6 orang dengan 1 orang pengelola, 2 orangtutor, dan 3 orang warga belajar dari umur 7 sampai dengan 15 tahun.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitianmenunjukan bahwa proses pembelajaran dalam pengolahan barangbekas di bidang keterampilan bagi warga belajar ini bisa mendapatkaninformasi mengenai daur ulang barang bekas menjadi hasil karya yangindah dan dapat dijadikan sebagai peluang usaha. Bahwa warga belajaryang mengikuti kegiatan tersebut semuanya dapat mengikutipembelajaran dengan baik tanpa adanya kesulitan yang mereka hadapikarena materi dan bahan ajar yang diberikan sesuai dengan tujuanpembelajaran dan kemampuan mereka.
Copyrights © 2021