Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak pada Kelompok BermainMona Kelurahan Kenten bertujuan untuk mengetahui bagaimanabentuk keterlibatan orang tua dalam pendidikan anaknya. Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian iniadalah orang tua di Kelompok Bermain Mona yang memiliki anak usiatiga hingga enam tahun, berjumlah lima keluarga. Teknik analisis datayang digunakan dari teori Sugiyono yaitu reduksi data, display data, danverifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua sudahterlibat dalam pendidikan anak tetapi dari empat bentuk keterlibatanorang tua, tiga diantaranya menunjukkan bahwa orang tua sudahsungguh-sungguh terlibat dengan memberikan perlindungan, dukungandan pengawasan bagi anak baik di rumah maupun di sekolah. Sedangkan pada satu bentuk keterlibatan yaitu kerja sama antara orangtua dan sekolah menunjukkan adanya keterlibatan tetapi masihkurangnya antusias orang tua dalam kegiatan sukarelawan danpenerapan pembiasaan membaca doa sebelum dan sesudah belajar.Sehingga bagi orang tua, perlu adanya peningkatan kesadaran dankepedulian dalam memperlancar proses belajar mengajar anak danbekerja sama dengan kelompok bermain melalui kegiatan sepertirelawan dan program parenting.
Copyrights © 2021