Journal of Public Administration and Local Governance
Vol 5, No 2 (2021): Public Service Innovation

Pelaksanaan InovasiiPelayanan PerizinaniMelalui Program “Debat” padaiDinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pasaman

Yesi Oktavia (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau, Pekanbaru)
Sujianto Sujianto (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau, Pekanbaru)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2021

Abstract

Pada masa sekarang ini perizinan berusaha sudah menggunakan sistem online namun tingkat pengetahuan masyarakat terhadap perizinan online masih rendah. Dalam upaya meningkatkan pelayanan perizinan dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap perizinan online DinasiPenanaman Modalidan PelayanankTerpadu SatukPintu KabupatenkPasaman membuat suatu inovasi program baru yang diberi nama program DEBAT dimana DEBAT ini singkatan dari (Datangi, Edukasi, Bantu, Terbitkan). Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan inovasi pelayanan perizinan melalui program DEBAT pada DinasiPenanaman ModalidaniPelayanan TerpaduDSatu PintuDKabupaten PasamanGdan apa saja faktor penghambat pelaksanaan inovasi tersebut. Lokasi penelitian ini dilakukan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pasaman. Jenis dan sumber data dalam penulisan ini ialah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data melalui tahapan mulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan program DEBAT bahwa secara umum Pelaksanaan Inovasi Pelayanan Perizinan Melalui Program DEBAT Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pasaman sudah berjalan cukup baik. Dalam penerapan inovasi menurut Rogers terdapat beberapa atribut yang dapat dijadikan ukuran untuk menilai pelaksanaan inovasi yang telah disimpulkan yaitu sebagai berikut: Keuntungan Relatif, Adapun keuntungan yang dirasakan masyarakat salah satunya yaitu biaya ongkos yang dikeluarkan untuk mengurus izin berkurang. Kesesuaian, bahwa program DEBAT ini bertujuan untuk memberi kemudahan masyarakat dalam mengurus izin dan program DEBAT ini sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Kerumitan, dalam pelaksanaan inovasi DEBAT ini terkendala akan jaringan dan kegagapan masyarakat akan teknologi yang membuat pelayanan menjadi lebih lama dari waktu yang ditargetkan sebelumnya. Kemungkinan dicoba, Inovasi Program DEBAT telah di uji coba di Kecamatan Bonjol. Kemudahan diamati, dengan hadirnya inovasi DEBAT ini masyarakat merasa terbantu sekali dan mempermudah masyarakat memahami sistem perizinan online.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

publicadminis

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal of Public Administration and Local Governance (JPALG), managed and publish by the Public Administration Department, Social and Political Science Faculty, Universitas Tidar with registered number 2614-4433 (print) and 2614-4441 (online). This journal regularly publishes twice a year in Juni ...