Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan kognitif anak dalam menunjukkan aktivitas eksploratif yang masih belum berkembang. Penelitian ini tujuannya ialah untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kognitif anak dalam menunjukkan aktivitas eksploratif menggunakan kombinasi model Picture and Picture, metode Eksperimen dengan media Loose Parts. Pendekatan penelitian yang diterapkan ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 3 pertemuan bertempat di TK Kemala Bhayangkari 14 Marabahan pada kelompok B2 dengan jumlah 6 orang anak. Hasil penelitian ditemukan bahwa aktivitas guru meningkat dengan kriteria Sangat Baik. Aktivitas anak secara klasikal meningkat dengan kriteria sangat aktif. Hasil perkembangan kognitif anak secara klasikal berhasil berkembang dengan mencapai kriteria Berkembang Sesuai Harapan dan Berkembang Sangat Baik. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan memilih model pembelajaran untuk mengembangkan aspek perkembangan kognitif anak dalam menunjukkan aktivitas eksploratif.Kata kunci: Aktivitas eksploratif, Picture and Picture, Eksperimen, Loose Parts.
Copyrights © 2021