Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan melalui kombinasi model Make A Match, metode bermain angka dan media Papan Flanel. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penlitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam empat pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan kombinasi Model Make A Match, Metode Bermain Angka, Media Papan Flanel meningkatkan aktivitas guru hingga mencapai 100% atau sangat aktif, aktivitas anak mencapai 100% atau Berkembang Sangat Baik, dan hasil perkembangan kognitif anak mencapai 100% atau Berkembang Sangat Baik. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pemilihan model dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mencocokan bilangan dengan lambang bilangan.Kata kunci: Kemampuan Aspek Kognitif, Mencocokkan Bilangan Dengan Lambang Bilangan, Model Make A Match, Metode Bermain Angka, Media Papan Flanel
Copyrights © 2021