Pengajar perlu mengubah media pembelajaran di dalam proses pembelajaran dengan menggunakan ICT (Information and Communication of Technology) untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi di dalam proses pembelajaran, salah satunya yaitu Mata kuliah Bahasa Inggris Untuk AUD. Di Indonesia, belajar bahasa asing adalah proses yang terintegrasi. Akan tetapi, permasalahan yang terjadi adalah banyak siswa menganggap Bahasa Inggris sulit untuk dipelajari, terutama belajar di luar jam sekolah. Sehingga, dengan penggunaan media berbasis ICT dapat mengurangi pemikiran secara bertahap tentang sulitnya Bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi penggunaan media berbasis ICT baik komputer atau perangkat seluler dalam meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris di proses pembelajaran Mata kuliah Bahasa Inggris Untuk AUD. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran (mixed method) dengan subyek 35 siswa yang dijadikan sampel di Mata kuliah Bahasa Inggris untuk AUD kelas VI A tahun 2019/2020, PG PAUD FKIP ULM. Data akan dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara serta observasi yang dilakukan di kelas oleh dua penilai yang berbeda untuk menghindari bias. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa memiliki tanggapan positif terhadap penggunaan ICT (aplikasi MALL) di dalam pembelajaran Mata kuliah Bahasa Inggris Untuk AUD. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Mata kuliah Bahasa Inggris untuk AUD dengan menggunakan ICT.Kata Kunci : ICT, Pembelajaran Bahasa Inggris
Copyrights © 2021