COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 4, No 6 (2021)

STUDI KASUS FENOMENA COOPERATIVE PARENTING GURU DAN ORANG TUA WALI SISWA SD DALAM IMPLEMENTASI PEMBIASAAN BERKARAKTER PADA TRANSISI PEMBELAJARAN HYBRIDE

Feri Tirtoni (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2021

Abstract

AbstrakTripusat pendidikan merupakan sebuah sistem yang masih terus eksis pada saat ini, di dalamnya berisi tentang Bagaimana keterkaitan antara orang tua, pihak sekolah, dan masyarakat sebagai sebuah sistem makro yang akan berkesinambungan dalam membentuk karakter Dan kebiasaan siswa Khususnya pada saat pemulihan pasca pandemi covid 19 ke arah new normal tersebut. di satu sisi kerjasama dalam melakukan observasi kemajuan hasil belajar siswa dan hasil implementasi karakter siswa perlu dilakukan secara berkesinambungan antara pihak guru atau sekolah bersama dengan orang tua. Hal ini tentunya secara langsung mengharuskan para orang tua agar berkomitmen dalam mengembangkan pola asuh atau Parenting terhadap anaknya pada saat mereka berada di rumah bersama para orang tua. Dalam Penelitian ini menggunakan (Document Study) Studi dokumen atau teks merupakan kajian yang menitik beratkan pada analisis atau interpretasi bahan tertulis berdasarkan konteksnya menurut (Creswell, J. W. 2016). Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua dan pihak sekolah dalam mengawal tumbuh kembang kognitif psikomotorik maupun afektif dari siswa melakukan sebuah cara alternatif yaitu cooperative Parenting yang menjadi sebuah tren baru di masyarakat dalam rangka bekerja sama untuk menjadikan Siswa lebih berdisiplin serta bisa mengimplementasikan nilai-nilai karakter dengan baik . Harapannya adalah penelitian ini nantinya dapat menjadi sebuah rujukan dalam rangka membangun sebuah Parenting antara pihak guru dan wali murid ataupun orang tua untuk lebih memahami potensi-potensi yang akan muncul dari siswa yang dapat dikembangkan menjadi sebuah life skill dan soft skill yang akan berguna bagi siswa dimasa depan nanti nya

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...