Metodik Didaktik
Vol 17, No 1 (2021): Metodik Didaktik Juli 2021

PENGEMBANGAN KURIKULUM AKADEMIK SDIT MIFTAHUL ULUM SUBANG BERDASARKAN TEORI PRAGMATISME DEWEY

Zulfa, Fitria (Unknown)
Irawan, Irawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2021

Abstract

Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan perspektif teori pragmatisme Dewey terhadap pengembangan kurikulum di SDIT Miftahul Ulum Subang. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kepustakaan. Kemudian analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perspektif teori pragmatisme yang dikembangkan oleh John Dewey, pengembangan kurikulum SDIT Miftahul Ulum dipandang sebagai kegiatan merumuskan serangkaian acuan operasional yang dapat memberikan manfaat praktis bagi penyelenggaraan pembelajaran di sekolah. Berdasarkan temuan yang diperoleh, struktur kurikulum yang telah berhasil dirumuskan sebagai bagian dari aspek pengembangan kurikulum berdasarkan teori pragmatisme Dewey terlihat masih konseptual dan belum sepenuhnya bersifat praktis yang secara signifikan bermanfaat bagi acuan pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2021