Kajian yang berkonsentrasi pada struktur cenderung berkutatpada hubungan relasional dalam struktur itu sendiri. latihan merupakanawal dari sebuah ketrampilan, sedang dalam latihan akan melahirkansebuah konsep. Sistem pembelajaran dengan acuan yang tidakterintegratif, guru akan gagap memahami dan mengajarkan pola polakebahasan yang dinamis. Penelitian bertujuan mengembangkan materiajar Linguistik berbasis OBE. Penelitian menggunakan ModelPengembangan Instruksional (MPI) yang dikembangkan oleh AtwiSuparman. Fenomena kebahasaan yang hidup dalam realita kehidupanmerupakan jejak jejak sebagai anaologi ketrampilan. Teknik analisisberusaha agar pembelajar secara kreatif dapat mengakses batas satuansatuan struktur. Latihan yang melibatkan teknik permutasi, agar batassatuan dapat dipresentasikan. Korpus yang dijadikan pijakan dalamlatihan untuk memahami konsep akan dipresentasikan dalam tabel. Konteks dalam pemakaian bahasa mempermudah hubungan antaralambang dan makna.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021