Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 2 (2022)

Guru sebagai Agen of Change dalam Pendidikan Anak

Rd. Ranie Damayanti (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)
M Syarif Sumantri (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)
Nurbiana Dhieni (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)
Karnadi Karnadi (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2021

Abstract

Guru yang berperan sebagai agent of change berupaya membentuk dan menghasilkan generasi yang potensial dan unggul dengan kompetensi professionalnya. Setiap guru perlu melakukan upaya refleksi diri untuk menilai sejauh mana kompetensi yang ia miliki diimplementasikan selama mengajar. Oleh karena itu, studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan pandangan guru mengenai perannya sebagi agent of change serta bagaimana mereka mengimplementasikannya. Pendekatan studi kasus digunakan dalam studi ini dengan teknik pengambilan data wawancara terbuka secara online. Penelitian ini menemukan lima tema yang menjadi fokus utama peran guru sebagai agent of change: (1) guru professional memiliki peran sentral dan ujung tombak pendidikan; (2) peran agent of change dalam diri guru; (3) upaya guru meningkatkan peran sebagai agent of change; (4) faktor penghambat peran guru sebagai agent of change; dan (5) strategi guru mengatasi hambatan sebagai agent of change. Implikasi hasil penelitian dibahas lebih lanjut dalam artikel ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...