Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4, No 2 (2020)

Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak

Nur Qomariah Panjaitan (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)
Elindra Yetti (Pendidikan Anak Usia Dini , Universitas Negeri Jakarta)
Yuliani Nurani (Pendidikan Anak Usia Dini , Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran digital animasi dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD di kota Medan dengan sampel 32 anak dalam kelompok eksperimen dan 32 anak dalam kelompok kontrol. Sampel diambil dengan teknik cluster sampling. Data dikumpulkan melalui tes yang telah divalidasi. Teknik analisis data menggunakan uji varians (ANAVA) dua jalur serta pengujian tukey. Sebelum uji hipotesis dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat interaksi media pembelajaran digital dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan hasil analisis varians nilai F hitung = 4,97 F tabel = 3,99 pada taraf signifikan = 0,05.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...