Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 1 (2022)

Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring

Mira Agustina (Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi)
Elisa Novie Azizah (Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi)
Dita Primashanti Koesmadi (Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi)



Article Info

Publish Date
29 May 2021

Abstract

Proses pembelajaran pada jenjang pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid-19 telah beradaptasi menjadi model pembelajaran daring. Model pembelajaran daring dipilih karena dianggap lebih efektif untuk diterapkan pada masa pandemi ini. Namun demikian, penerapan model pembelajaran daring menemui beberapa permasalahan salah satunya yaitu motivasi belajar anak yang menurun. Sesuai dengan permasalahan tersebut, penelitian  ini  bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward animasi terhadap motivasi belajar anak usia dini selama pembelajaran daring, khususnya anak berusia 4 hingga 5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental design jenis One-Group Pre-Test Post-Test Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Participant Observation. Penelitian diawali  dengan melakukan tes awal, kemudian diberikan treatment. setelah diberikan treatment kemudian diakhiri dengan memberikan tes akhir (post test). Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi belajar anak pada hasil pengukuran post test. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian reward animasi dapat meningkatkan motivasi belajar anak usia dini selama pembelajaran daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...