Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4, No 1 (2020)

Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini

Monica Hotma Elya (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)
Nadiroh Nadiroh (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)
Yuliani Nurani (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data secara empiris dan gambaran tentang pengaruh metode bercerita dan gaya balajar terhadap kemampuan berbicara anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan factorial design 2x2, dengan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berbicara anak sedangkan variabel bebasnya adalah metode bercerita yang terdiri dari 2 (dua) taraf yaitu media boneka tangan dan media power point dan variabel atribut adalah gaya belajar yang terdiri dari 2 (dua) taraf yaitu auditory dan visual. Sampel dalam penelitian ini yaitu anak kelas A dan B di Taman Kanak-Kanak IPEKA Sunter 1 Jakarta Utara tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 44 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada metode bercerita dan gaya belajar terhadap kemampuan berbicara anak

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...