Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 2 (2021)

Tingkat Pemahaman Guru Taman Kanak-kanak di Lombok dalam Stimulasi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini

Baiq Nunike Resti Aulia (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta)
C. Asri Budiningsih (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2021

Abstract

Guru merupakan instrumen vital dalam pembelajaran. Baik buruk hasil dari didikan guru bergantung dari kompetensi guru itu sendiri. Dalam pendidikan anak usia dini ada enam aspek perkembangan yang harus diasah oleh guru. Salah satunya ialah perkembangan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pemahaman guru PAUD di Pulau Lombok dalam pengembangan kemampuan bahasa anak usia dini di TK. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dimana penelitian data yang telah diolah tanpa menarik kesimpulan. Penelitian ini melibatkan guru-guru di Pulau Lombok sebagai gambaran pengetahuan guru dalam mengasah kemampuan bahasa anak. Penelitian ini menggunakan skala likert dengan empat titik; Sangat Tinggi, Tinggi, Sedang, Rendah. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa guru-guru TK di Pulau Lombok memiliki pemahaman dan terlibat dalam menstimulasi pengembangan bahasa anak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...