Pembelajaran bahasa inggris bagi anak usia dini harus menggunakan metode yang tepat agar anak dapat mempelajari banyak kosa kata dengan mudah. Tujuan dari penelitian ini untuk membandingkan metode pembelajaran Bahasa Inggris yang digunakan oleh sekolah agar dapat mengetahui metode apa yang paling tepat untuk diterapkan pada pembelajaran Bahasa Inggris bagi anak usia dini. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Penelitian ini di analisis menggunakan teknik analisis kekuatan dan kelemahan. Metode pembelajaran bahasa inggris yang diteliti adalah Communicative Language Teaching dan Grammar Translation. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran bahasa inggris yang lebih efektif untuk diterapkan pada anak usia dini adalah Communicative Language Teaching. Karena metode tersebut memberikan pembiasaan setiap hari secara berulang-ulang hingga anak hafal dan mampu memahami arti kata Bahasa Inggris yang diajarkan dan bisa menjadi suatu kebiasaan. Selain itu metode tersebut dinilai cenderung lebih bermakna jika dibandingkan dengan metode Grammar Translation.
Copyrights © 2021