Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 1 (2021)

Pengaruh Penggunaan Token Ekonomi dalam Menurunkan Perilaku Disruptif Anak

Indri Graecela Amalo (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)
Ajeng Ayu Widiastuti (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh token ekonomi dalam menurunkan perilaku disruptif pada anak usia di TK Kristen 1 Satya Wacana Salatiga kelompok A. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi exsperiment. Subjek penelitian di TK Kristen 1 Satya Wacana Salatiga berjumlah 33 anak. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji T-test yang terbagi menjadi 2 yaitu Paired Sample T-test untuk mengetahui perbedaan hasil pre-test dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dan Independent Sample T-test untuk mengetahui perbedaan hasil dari pre-test maupun post-test dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa token ekonomi secara signifikan dapat menurunkan perilaku disruptif pada anak. Hal ini terlihat dari nilai Signifikansi (2-tailed) dari kelompok eksperimen sebesar 0.046 yang artinya kurang dari 0.050. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik token ekonomi dapat menurunkan perilaku disruptif pada anak

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...