Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 2 (2021)

Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal melalui kegiatan Eco print di masa pandemic covid-19

Siti Misra Susanti (Pendidikan Guru Pendidikan Anak usia Dini, Universitas Muhammadiyah Buton)
Henny Henny (Pendidikan Guru Pendidikan Anak usia Dini, Universitas Muhammadiyah Buton)
Marwah Marwah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak usia Dini, Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan mencetak dengan tehnik eco-Print pada anak usia dini khususnya usia 4-6 tahun yang berbasis kearifan lokal daerah pinggiran Kota Baubau. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang berlokasi di Kota Baubau dan Kabupaten Buton. Observasi dilakukan dengan mengamati secara langsung kegiatan anak usia dini dalam proses mencetak dengan tehnik eco-print serta mengamati bagaimana kegiatan eco-print dapat menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak usia dini. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran mencetak dengan tehnik eco-print merupakan suatu inovasi pembelajaran pada anak usia dini berbasis kearifan lokal untuk menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak usia dini. Selain itu, bahan alam yang ada di sekitar anak menjadi inspirasi dan sumber belajar anak usia dini dalam mencipta suatu karya seni.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...