Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 2 (2021)

Respon Guru Pendidikan Anak Usia Dini terhadap MOOCs berbantuan Augmented Reality

Eko Risdianto (Pendidikan Fisika, Universitas Bengkulu)
Murni Yanto (Manajemen Pendidikan, Institut Agama Islam Negeri Curup)
Muhammad Kristiawan (Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Guntur Gunawan (Ilmu Perpustakaan dan Informasi slam, Institut Agama Islam Negeri Curup)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis respon terhadap kebutuhan model blended learning berbasis MOOCs berbantuan augmented reality bagi guru PAUD. Teknik sampling yang digunakan adalah pusposive sampling dengan sampel data pada penelitian ini yaitu 90 guru. Penelitian ini adalah merupakan bagian dari penelitian R n D yaitu pada tahap analisis kebutuhan, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar angket kebutuhan terhadap model blended learning berbasis MOOCs berbantuan augmented reality bagi guru PAUD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan valid dan reliable dan berdasarkan analisis dengan model rasch dengan aplikasi winstep mendapatkan hasil bahwa kualitas respon angket ini sangat baik. Hasil penelitian menyebutkan guru PAUD sangat setuju bahwa dibutuhkannya model blended learning berbasis MOOCs berbantuan augmented reality. Penelitian ini memberi kontribusi bagi praktisi pendidikan agar berinovasi membuat MOOCs berbantuan augmented reality sebagai model blended learning untuk guru PAUD

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...