Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 2 (2021)

Tari Nawung Sekar: Kemampuan Sosial Anak Digital Natives di Era Revolusi Industri 4.0

Maria Denok Bekti Agustiningrum (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ivet Semarang)
Sri Sayekti (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ivet Semarang)
Dwi Hardiyanti (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ivet Semarang)
Dwi Asih Kumala Handayani (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ivet Semarang)
Sri Redjeki (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ivet Semarang)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2021

Abstract

Era Revolusi Industri 4.0 menciptakan kondisi anak usia dini menjadi anak-anak digital natives. Anak-anak digital natives adalah anak usia dini yang memiliki kecenderungan tergantung pada teknologi namun memiliki kemampuan sosial yang rendah. Hal tersebut dikarenakan mereka tidak memiliki ruang yang cukup untuk mengembangkan kemampuan berinteraksi dan mengembangkan kemampuan sosial emosinya. Penelitian ini terjadi sebelum masa pandemic Covid-19 sehingga masih diadakannya kegiatan-kegiatan tatap muka (luring). Metode penelitian yang digunakan adalah meode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dengan subyek penelitian anak usia dini berusia 3-6 tahun. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa tari Nawung Sekar mampu menstimulasi kemampuan sosial anak digital natives.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...