EARLY CHILDHOOD : JURNAL PENDIDIKAN
Vol. 5 No. 2 (2021): Early Childhood: Jurnal Pendidikan

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Mhd Habibu Rahman (Universitas Pembangunan Panca Budi Medan)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran discovery pada pembelajaran anak usia dini, dan langkah-langkah yang dapat digunakan seorang guru dalam menerapkan model pembelajaran discovery pada anak usia dini. Model pembelajaran discovery merupakan suatu model pembelajaran yang dapat mengkonstruksi pengetahuan anak didik. Penelitian ini dilakukan dengan metode library research. Sumber data dalam penelitian ini adalah koleksi buku-buku perpustakaan terdiri dari sumber primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari data berupa catatan, transkrip buku, surat kabar dalam perpustakaan. Analisis data menggunakan teknik induktif dan content analysis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery dapat dilaksanakan dengan langkah persiapan, stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan penarikan kesimpulan. Guru dapat menerapkan model pembelajaran discovery dengan baik, jika anak didik matang secara psikis, model pembelajaran ini mampu membangkitkan cuorisity anak usia dini. Implementasi model pembelajaran discovery pada anak usia dini yaitu dengan pembelajaran berbasis lingkungan, pembelajaran percobaan, dan pembelajaran pemecahan masalah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EARLYCHILDHOOD

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

EARLY CHILDHOOD EARLY CHILDHOOD is a scientific journal containing research results and community service related to Early Childhood, published by PG-PAUD, Faculty of Teacher Training and Education Muhammadiyah University of Tasikmalaya. Published 2 times in 1 year in the field of Early Childhood ...