Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar)
Vol. 2 No. 2: Juli 2019

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMA 6 “CITA-CITAKU” SUBTEMA 1 AKU DAN CITA-CITAKU BERBASIS LITERASI MEMBACA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Rizki Nurma Safithri (Universitas Ahmad Dahlan)
Vera Yuli Erviana (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2019

Abstract

       Peserta didik masih kekurangan referensi sumber belajar sehingga proses pembelajaran masih mengalami permasalahan dan hambatan yang dirasakan baik guru maupun siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan modul serta mengetahui kelayakan bahan ajar modul tematik terpadu pada tema 6 “Cita-citaku” subtema 1 “Aku dan Cita-citaku” berbasis literasi membaca.         Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan ( R&D (Research and Development) menggunakan model ADDIE yang dilakukan melalui lima tahap, yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi , dan evaluasi. Subjek uji coba yang digunakan adalah kelas IV SD Muhammadiyah Karangtengah Yogyakarta. Instrumen penelitian berupa lembar validasi dan anget. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantutatif.       Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul tematik layak digunakan di dalam pembelajaran tematik terpadu. Hasil uji validasi dari ahli materi sejumlah 86,4 (Sangat Baik); ahli pembelajaran mendapat nilai 68 (Baik); ahli media mendapat nilai 82,1 (Sangat Baik); hasil uji coba produk kelompok kecil penilian guru sejumlah 85,6 (Sangat Baik); penilaian siswa diperoleh nilai 91,67 (Sangat Baik); Penilaian uji coba kelompok besar dari penilaian guru 90,4 (Sangat Baik); penilaian siswa diperoleh 95,21 dan masuk kriteria (Sangat Baik). Kata kunci: Modul Pembelajaran, Literasi Membaca, Sekolah Dasar 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

fundadikdas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar (Fundikdas) mengakomodasi penerbitan artikel ilmiah hasil tugas akhir di bidang pendidikan dasar yang berasal dari mahasiswa dan alumni PGSD FKIP UAD. FUNDIKDAS ini diterbitkan sebanyak 3 volume dalam setahun. Jurnal FUNDIKDAS dikelola atas kerjasama Prodi PGSD ...