Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar)
Vol. 4 No. 1: Maret 2021

STRATEGI PENILAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

Yantoro Yantoro (Universitas Jambi)
Suci Hayati (Universitas Jambi)
Rahmad Rahmad (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19 di kelas tinggi sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 34/I Teratai pada bulan Januari sampai dengan Februari 2021. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19 ini hanya berfokus kepada penilaian kognitif peserta didik, maka dari itu guru memiliki strategi dalam melaksanakan penilaian pembelajaran matematika supaya bisa memberikan gambaran nyata dari kemampuan peserta didik. Strategi yang guru gunakan dalam penilaian pembelajaran matematika yaitu (1) Melakukan penilaian pembelajaran secara tatap muka langsung. (2) Penilaian berdasarkan tugas harian peserta didik. (3) Penilaian berdasarkan kehadiran peserta didik. (4) Merujuk pada nilai rapor semester sebelumnya. Pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19 ini membuat guru menjadi berjarak dengan peserta didiknya, sehingga guru perlu memiliki strategi penilaian pembelajaran matematika yang dapat membantu guru   memberikan penilaian secara utuh yang merupakan gambaran kemampuan peserta didik yang sebenarnya.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran matematika pada masa pandemi saat ini berlangsung efektif dalam mengetahui kemampuan peserta didik yang sebenarnya, mengingat bahwa tugas-tugas yang diberikan guru melalui pembelajaran jarak jauh tidak serta merta dikerjakan oleh peserta didik itu sendiri, namun juga dapat dikerjakan oleh orang lain.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fundadikdas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar (Fundikdas) mengakomodasi penerbitan artikel ilmiah hasil tugas akhir di bidang pendidikan dasar yang berasal dari mahasiswa dan alumni PGSD FKIP UAD. FUNDIKDAS ini diterbitkan sebanyak 3 volume dalam setahun. Jurnal FUNDIKDAS dikelola atas kerjasama Prodi PGSD ...