Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar)
Vol. 4 No. 3: November 2021

Analisis kebutuhan instrumen penilaian sikap berbasis education for sustainable development di sekolah dasar

Firda Nisya Amelia (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ghullam Hamdu (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan instrumen penilaian sikap berbasis Education for Sustainable Development di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini merupakan guru kelas tinggi di sekolah dasar di Kabupaten Ciamis dan Kota Tasikmalaya sebanyak 6 orang. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara dan studi dokumentasi untuk mengetahui pelaksanaan penilaian sikap serta format instrumen yang digunakan oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sebanyak 66,67% guru belum memahami konsep ESD. (2) Penilaian sikap tidak dapat dinilai dalam waktu yang singkat. (3) Sebanyak 50% guru belum menggunakan format instrumen dalam melaksanakan penilaian sikap. Kebutuhan format instrumen penilaian sikap dapat diatasi dengan penyusunan format instrumen penilaian sikap yang mengarah pada sikap berpikir kritis yang diintegrasikan dengan ESD yang terdiri dari tujuh sikap diantaranya Open Minded, Analytical, Systematic, Inquistive, Judicious, Truthseeking, dan Confident in Reasoning. Dalam penerapan pembelajaran ESD, peneliti mendapatkan penemuan bahwa sebenarnya pembelajaran ESD sudah dilakukan oleh guru, namun guru belum memahami konsep ESD secara utuh sehingga terdapat asumsi bahwa ESD belum dilaksanakan di sekolah dasar. Dalam kaitannya dengan pendidikan keberlanjutan, sebagian guru mengharapkan adanya format isian kepada orang tua siswa di rumah dalam mengawasi sikap yang dimiliki peserta didik sehingga konsep keberlanjutan akan dapat dilakukan. Dengan menerapkan konsep ESD dalam pembelajaran, dapat membentuk generasi muda yang peka terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi sehingga akan siap melawan tantangan global dimasa yang akan datang. Instrumen penilaian merupakan wadah untuk mengaktualisasikan peningkatan sikap peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fundadikdas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar (Fundikdas) mengakomodasi penerbitan artikel ilmiah hasil tugas akhir di bidang pendidikan dasar yang berasal dari mahasiswa dan alumni PGSD FKIP UAD. FUNDIKDAS ini diterbitkan sebanyak 3 volume dalam setahun. Jurnal FUNDIKDAS dikelola atas kerjasama Prodi PGSD ...