Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Vol 3, No 2 (2021): JULI

Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Di SMP Negeri 1 Bongo

Darwin Une (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif statistik sederhana yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama untuk melihat sejauhmana pengaruh pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPS terpadu terhadap hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Bongo Batudaa Pantai. Berdasarkan hasil penelitian bahwa siswa di SMP Negeri 2 Bongo membutuhkan arahan dan bimbingan guru dalam memecahkan setiap Langkah-langkah dalam pendekatan saintifik. Hal ini terbukti dengan beberapa indikator yang diterapkan dalam pendekatan saintifik, selalu memperoleh skor yang rendah, tetapi dengan adanya arahan dan bimbingan dari guru, hasil belajar yang didapatkan mengalami peningkatan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijsse

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) memuat artikel dengan fokus penelitian dan pengkajian di bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). p-issn 2655-6588 dan e-issn 2655-6278 . Jurnal ini diterbitkan oleh Insitut Agama Islam Negeri Bengkulu dua kali dalam setahun yaitu setiap ...