Artikel ini membahas bagaimana kecenderungan Learner-Self Interaction (LSI) siswa SD dalam menyelesaikan soal matematika open-ended. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah deskriptif kualitatif dengan tahapan menyebarkan soal cerita, memantau proses pengerjaan soal; dan menganalisis hasil pekerjaan siswa. Adapun subjek penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas IV sebanyak 14 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) 8 dari 14 siswa mampu memenuhi komponen LSI pertama; (b) 2 siswa mampu memenuhi komponen LSI kedua; (c) 3 siswa mampu memenuhi komponen LSI ketiga. Berdasarkan bukti kualitatif yang dilaporkan dalam artikel ini, diketahui bagaimana kecenderungan antara siswa yang menggunakan Learner-Self Interaction dalam memecahkan soal matematika terbuka dan siswa yang tidak menggunakan Learner-Self Interaction dalam memecahkan soal matematika terbuka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022