Journal of Authentic Research on Mathematics Eduacation (JARME)
Vol 2, No 2 (2020)

KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TINGKAT KREATIVITAS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI

Maya Mulyani (Universitas Siliwangi)
Aripin Aripin (Unknown)
Ebih Abdul Rachim Arhasy (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas dari strategi pembelajaran Heuristik dengan pendekatan Metakognitif dan Investigasi terhadap kemampuan koneksi matematik peserta didik dan interaksinya terhadap kreativitas peserta didik pada materi Trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian seluruh kelas X di SMA Al Muttaqin dan SMA Negeri 1 Tasikmalaya semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, sehingga jumlah sampel penelitian 120 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket. Tes berupa soal esai mengenai kemampuan koneksi matematika dan tes kreativitas. Uji analisis hipotesis yang digunakan adalah analisis varian dua arah dengan sel tidak sama. Dengan menggunakan α = 0,05 dapat disimpulkan bahwa: (1) Pendekatan pembelajaran metakognitif pada strategi heuristik menghasilkan kemampuan koneksi matematik yang tidak lebih baik dari pada pendekatan pembelajaran Investigasi atau sebaliknya, (2) Peserta didik yang memiliki kreativitas tinggi mempunyai kemampuan koneksi matematik yang lebih baik daripada peserta didik yang memiliki kreativitas sedang maupun rendah, dan peserta didik yang memiliki kreativitas sedang mempunyai kemampuan koneksi matematik yang lebih baik daripada peserta didik yang memiliki kreativitas rendah, (3) Pada peserta didik yang diberikan dengan pendekatan pembelajaran Metakognitif maupun Investigasi, peserta didik dengan kreativitas tinggi mempunyai kemampuan koneksi matematik yang lebih baik daripada peserta didik dengan kreativitas sedang maupun rendah, dan (4) Pada kategori tingkat kreativitas tinggi dan rendah, peserta didik yang diberi pembelajaran dengan pendekatan Metakognitif memiliki kemampuan koneksi matematik yang lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang diberi pembelajaran dengan pendekatan Investigasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jarme

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) ISSN: 2655-7762 (online) diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi. ...