Journal of Authentic Research on Mathematics Eduacation (JARME)
Vol 3, No 1 (2021)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Puspita Nur Ariesta (University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Subhan Ajiz Awalludin (University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantu LKPD terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian jenis quasy experimental dengan tipe the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 184 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti sebanyak 72 siswa dari kelas VIII-A dan VIII-B. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria hasil kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan wawancara guru. Instrumen penelitian berupa soal uraian materi statistika sebanyak 10 soal. Instrumen terlebih dahulu diuji coba di SMP Negeri 217 Jakarta dengan 36 siswa. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas, kemudian diperoleh data yang berdistribusi normal dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan analisis anava satu jalur dengan SPSS 16.0. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantu LKPD terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 184 Jakarta.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jarme

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) ISSN: 2655-7762 (online) diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi. ...