Jurnal Penelitian IPTEKS
Vol 2, No 1 (2017): JURNAL PENELITIAN IPTEKS

PENGARUH ANTARA FAKTOR- FAKTOR KESULITAN BELAJAR DAN LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM SEMESTER 1 STAIDA BLOKAGUNG -BANYUWANGI TAHUN AKADEMIK 2010 /2011

Saipul Wakit (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2017

Abstract

Dalam kegiatan pendidikan belajar di perguruan tinggi  tentunya banyak faktor yang mempengaruhinya, baik intern maupun ekstern yang mana faktor- faktor tersebut apabila tidak segera diketahui dan diatasi maka sangat berpengaruh terhadap hasil dan prestasi belajar mahasiswa. Di samping itu juga faktor latar belakang sosial ekonomi orang tua juga dapat mempengaruhi prestasi  belajar. Karena kondisi ekonomi orang tua yang mampu akan cenderung untuk dapat memenuhi semua kebutuhan pendidikan dan fasilitas belajarnya guna untuk meningkatkan prestasinya. Sedangkan untuk kondisi ekonomi kurang mampu   akan bersusah payah untuk memenuhi kebutuhan pendidikanya. Sehingga terlihat perbedaan yang mencolok antara mahasiswa yang berasal dari keluarga yang mampu dan yang kurang mampu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara faktor-faktor kesulitan belajar dan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah program studi  manajemen pendidikan islam  (MPI) angkatan 2010/2011 semester ganjil Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam  (STAIDA)    Blokagung -Banyuwangi tahun akademik  2010 /2011. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa jurusan Tarbiyah program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) angkatan 2010/2011 dengan jumblah seluruh populasi yaitu 50 orang. Setelah dilakukan analisa data yang dikumpulkan, peneliti menemukan bahwa pengaruh faktor- faktor kesulitan belajardan latar belakang social ekonomi orang tua  dengan nilai r 0,296 termasuk dalam kategori pengaruh yang rendah. Walaupun taraf signifikansinya rendah namun masih ada pengaruh atau kontribusi dari faktor-faktor kesulitan belajar dan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 8,96% dan yang 91,14% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa: Ada pengaruh yang signifikan  antara faktor-faktor kesulitan belajar dan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Tarbiyah Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Angkatan 2010/2011 Semester ganjil  Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam (STAIDA) Blokagung Banyuwangi tahun akademik 2010/2011.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PENELITIAN_IPTEKS

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JURNAL PENELITIAN IPTEKS dengan p-ISSN :2459-9921 dan e_ISSN: 2528-0570 merupakan publikasi dari Universitas Muhammadiyah Jember berupa tulisan yang diterbitkan secara berkala, dan mepunyai tujuan sebagai tempat untuk menampung gagasan, telaah dan kajian, disamping sebagai penyalur informasi, ...