Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)

Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Sastra Lisan Suku Mbojo Berorientasi pada Model CIRC untuk Matakuliah Apresiasi Sastra

Taufik Taufik (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Yapis Dompu)
M. Nur Imansyah (Program studi Pendidikan Teknologi Informasi, STKIP Yapis Dompu)
Eka Yulianti (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Yapis Dompu)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul efektivitas penggunaan buku ajar sastra lisan suku Mbojo untuk matakuliah apresiasi sastra. Tujuan penelitian ini yakni untuk menilai keefektivan sebuah buku ajar yang memandukan budaya lokal yang berfokus pada sebuah model pembelajaran yang kooperatif. Metode yang digunakan pada penelian ini adalah model pengembangan dari Thiagarajan yang dikenal dengan Four-D Models (4-D). Hasil penilaian kelayakan oleh validator isi sebesar 80.72% (sangatlayak) dan validator media pembelajaran sebesar 91.51% (sangat layak). Uji efektivitas menunjukkan bahwa buku ajar tersebut efektif meningkatkan hasil belajar dibanding dengan buku ajar lain.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jiepp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

JIEPP-Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) dengan Focus & Scope pada bidang: Inovasi Pembelajaran, Implementasi Teori & Manajemen Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran, Pengembangan Teknik, Model & Perangkat Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Evaluasi dan Pengembangan ...