Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek)
Vol 8, No 1 (2021)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN DALAM SENAM LANTAI DENGAN METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS V SDN 1 KANCONG TANAH PINOH BARAT

Sahrol Sahrol (Unknown)
Khairil Akbar (Unknown)
Nur Moh Kusuma Atmaja (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2021

Abstract

Abstract: This study aims to be a classroom action research (PTK). This study uses 2 cycles, where each cycle consists of: 1) planning: 2) implementation: 3) observation: 4) reflection. The research carried out included 3 domains, namely the cognitive, affective, and psychomotor domains. In addition, observations were made of the learning process during the research activities and made a questionnaire in the form of a questionnaire of interest and learning motivation, to determine the extent of student satisfaction and interest in participating in learning. by using the game method. It can be concluded that the front roll floor gymnastics learning through the three-post game has a positive effect, namely it can improve learning outcomes and student interest and motivation as indicated by the average student's answer who strongly agrees 100% on the student interest questionnaire agree 100% on the results of the student motivation questionnaireKeywords: Learning Outcomes, Front Roll, Playing MethodAbstrak: Penelitian ini bertujuan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas: 1) perencanaan: 2) pelaksanaan: 3) pengamatan: 4) refleksi. Penelitian yang dilakukan mencakup 3 ranah yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik.selain itu dilakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran selama kegiatan penelitian berlangsung dan membuat angket kuisioner berupa angket minat dan motivasi pembelajaran, untuk mengetahui sejauh mana kepuasan dan ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode permainan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran senam lantai guling depan melalui permainan tiga pos mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar dan minat serta motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan sangat setuju 100% pada angket minat siswa, dan siswa menjawab sangat setuju 100% pada hasil angket motivasi siswaKata Kunci: Hasil Belajar, Guling Depan, Metode Bermain

Copyrights © 2021