Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat perbedaan literasi numerasi antara model pembelajaran PBJL dan Pembelajaran langsung (2) apakah terdapat perbedaan literasi numerasi mahapeserta didik pada kemampuan penalaran tinggi, sedang dan rendah dan (3) apakah terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan penalaran matematis pada literasi numerasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. sampel penelitian adalah 80 peserta didik kelas VIII di SMP Islam Dewan Da’wah dan sampelnya adalah kelas VIII A dan VIII D. Teknik pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling. Hasil penelitiannya adalah: 1) tidak terdapat perbedaan literasi numerasi peserta didik antara model pembelajaran PJBL dan model pembelajaran langsung. (2) Peserta didik dengan kemampuan penalaran matematis tinggi memiliki literasi numerasi yang lebih baik dibandingkan peserta didik dengan kemampuan penalaran matematis sedang dan rendah, peserta didik dengan kemampuan penalaran matematis sedang memiliki literasi numerasi yang lebih baik dibandingkan peserta didik dengan kemampuan penalaran matematis rendah. (3) Pada masing-masing model pembelajaran, peserta didik dengan kemampuan penalaran matematis tinggi memiliki literasi yang lebih baik dibandingkan peserta didik dengan kemampuan penalaran matematis sedang dan rendah, peserta didik dengan kemampuan penalaran matematis sedang memiliki literasi numerasi yang lebih baik dibandingkan peserta didik dengan kemampuan penalaran matematis  rendah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022