JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Vol 6, No 2 (2020)

Pengembangan bahan ajar perbandingan berbalik nilai berbasis android untuk pembelajaran SMP kelas VII

Nur Aini (Universitas Sriwijaya)
Somakim Somakim (Universitas Sriwijaya)
Hapizah Hapizah (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2020

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum tersedianya bahan ajar berbasis android pada mata pelajaran matematika khususnya untuk materi perbandingan berbalik nilai. Oleh karena itu dilakukan  penelitian pengembangan bahan ajar berbasis android yang  bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi perbandingan berbalik nilai berbasis android yang valid dan praktis. Penelitian  ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE . Data penelitian ini diperoleh melalui  hasil walktrough,  lembar angket, dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan  bahwa validasi bahan ajar perbandingan berbalik nilai berbasis android  yang  dilihat dari aspek isi,  konstruk, dan bahasa yang dinilai dari hasil validasi ahli materi dan ahli media serta komentar siswa pada saat uji coba perorangan. Sedangkan kepraktisan  bahan ajar perbandingan  berbalik nilai berbasis android terlihat dari hasil lembar penilaian angket dan observasi pada tahap uji coba kelompok kecil. Dari hasil penilaian angket dan observasi diperoleh perhitungan  nilai  sebesar 82,17 %  berkategori praktis dan 89,17% berkategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar perbandingan berbalik nilai berbasis android telah valid dan praktis. Kata Kunci:  Pengembangan; Bahan Ajar; ADDIE                                                                              THE DEVELOPMENT OF ANDROID BASED INSTRUMENTS ON THE MATERIAL OF REVERSE VALUATION  FOR 7TH GRADE                                                                                 ABSTRACT The research is facing a background because there is not a more-based teaching material available in mathematical subjects especially for materials of comparative value.  And  so it is done to rsearch the development of lame-based teaching materials aimed at producing  materials that actually contras valid and practical android value. This research is development research using ADDIE development models. These research data are obtained walkthrough, routing sheets, and observations. The results of this study show that the validation of materials rebased android contrasts is seen in content, constructive, andlanguage aspects assessed by both material and media experts validation and student comments during individual trials. The bare-based comparison of value-based values can be seen from the result of the top-rated assessment sheet and the observation at the trial stage of a small group. Based on the value assessments and observations, the rating is 82.17% practical valise and 89.17% valegori are extremely practical. The conclusion of this research is that the reverent-based android ratio is valid and practical. Keywords : Development; Teaching Materials; ADDIE 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp3m

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Pendidikan Matematika), dengan ISSN 2460-8599 (print) dan ISSN 2581-2807 (online), adalah jurnal peer-review yang dipublikasikan dua kali setahun (April-September, dan Oktober-Maret) oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan ...