Kosakata tidak dapat dipisahkan dari pembelajaran bahasa. Kosakata diperlukan dengan program pembelajaran bahasa supaya pembelajar bahasa dapat mengerti terhadap apa yang ia pelajari secara efektif. Saat ini, banyak peneliti menyadari bahwa kosakata adalah suatu hal yang penting dan merupakan bagian dari pembelajaran dan pengajaran bahasa. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengenalkan sebuah metode yang dinamakan “mnemonik” kepada para pembelajar bahasa Arab di perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi yang mengajarkan bahasa Arab. Tujuan lainnya juga untuk mengeksplor kekreatifitasan mahasiswa selama pembelajaran dengan mnemonik ini berlangsung, agar dapat mengingat kosakata yang telah dipelajari baik sebagai ingatan jangka pendek terlebih ingatan jangka panjang. Mahasiswa pembelajar bahasa Arab, bagaimanapun, sering mengeluh ketika berhadapan dengan kosakata baru, sebagian mereka kesulitan untuk mengingat kembali apa yang telah ia hafalkan. Metode mnemonik ini dapat menjadi solusi atas masalah yang mereka hadapi serta dapat meningkatkan pembelajaran kosakata bahasa Arab mereka. Terdapat banyak jenis dari mnemonik itu sendiri, diantaranya teknik cerita, kata kunci dan teknik penggambaran. Jenis-jenis mnemonik tersebut tidak bisa disangkal adalah metode yang efektif dalam proses pembelajaran bahasa Arab karena dapat meningkatkan kemampuan mengingat kembali secara langsung. Disamping sebagai pembantu ingatan dalam menghafal kosakata, mnemonik juga dapat membuat proses pembelajaran menjadi santai. Dengan kata lain mnemonik adalah metode yang menyenangkan dalam mempelajari kosakata yang mana dapat membuat mengingat kembali menjadi mudah dengan menjembatani arti kata dengan menghubungkan antara belahan otak baik kanan maupun kiri. Artikel ini akan akan memaparkan tentang metode mnemonik dan bagaimana cara mengaplikasikannya.
Copyrights © 2018