Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 3, No 3 (2020): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar Melalui Media Kartu Kata

Astuti, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk mengetahui apakah media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan di kelas I SDN Gelaran 1 Kecamatan Karangmojo. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah media kartu kata. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dua siklus dengan jumlah 28 siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I dalam peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 68 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 43% dan hasil belajar siswa pada siklus II dalam peningkatan kegiatan membaca permulaan siswa dengan menggunakan media kartu kata mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata  dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 100% dan telah memenuhi batas pencapaian indikator keberhasilan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...