Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika pembelajaran bahasa dan Sastra Indonesia melalui studi pustaka. Metodologi penelitian dengan melakukan literature review dari beberapa artikel baik internasional maupun nasional yang dicari dengan mempergunakan google scholar dan sciencedirect. Terdapat 25 artikel dengan kata kunci pembelajaran online, pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan pandemic Covid-19. Dari 25 artikel, hanya 18 yang diteliti. Hasil review pada 9 artikel internasional dan 9 nasional menyebutkan kendala yang ditemukan dengan cara online adalah kesulitan jaringan, keterbatasan kuota internet, materi yang tidak tersampaikan dengan jelas dan lengkap, dan pemberian tugas yang terlalu banyak. Adapun aplikasi yang digunakan oleh guru selama pandemi yaitu WhatsApps, WhatsApp Web, Google Kelas, Grup Google, TeamLink, Microsoft Teams, Kaizala Microsoft, Zoom Meeting & Webinar, Youtube, Google Hangouts, dan lainnya. Selain itu, guru bisa melakukan strategi pemecahan masalah guru meliputi melaksanakan blended learning, membuat kelompok belajar, kunjungan rutin kepada siswa, menggandeng orang tua, adaptasi rencana pengajaran, optimalisasi media elektronik, dan pemanfaatan media kreatif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021