Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 3, No 3 (2020): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

The Learning Model Problem Based Learning Online to Increase Learning Outcomes for Theme 4 Various Works in Class IV Students

Susanti, Susanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan di sekolah dasar kelas IV dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan google meet. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus, dengan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Tahapan setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap pertemuan dilakukan pre test dan post test untuk mengetahui perkembangan peserta didik. Pada pra siklus I peserta didik yang tuntas setelah melaksanakan post test sebesar 45%. Pada siklus I peserta didik yang tuntas setelah melaksanakan post test sebesar 72%. Pada siklus II peserta didik yang tuntas setelah melaksanakan post test sebesar 100%. Hasil ini menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Tema 4 Kelas IV di SDN Mojoroto.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...