JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2: September 2019 - Februari 2020

Hubungan Status Akreditasi Sekolah dengan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Guru dan Siswa

Dewi Sukriyah (STKIP PGRI Sidoarjo)
Eka Nurmala Sari Agustina (STKIP PGRI Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan melihat hubungan antara status akreditasi dengan kemampuan berpikir kritis matematis guru matematika dan juga siswa. Pemilihan sekolah dilakukan secara acak berdasarkan data BAN SM untuk SMP di wilayah Sidoarjo. Sekolah dipilih untuk mewakili sekolah terakreditasi A, B, dan C. Data diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis yang meliputi aspek menginterpretasi, aspek menghubungkan, aspek menganalisis, aspek mengevaluasi, dan aspek memecahkan masalah. Data yang diperoleh dianalisis dengan korelasi Gamma dan diperoleh hasil bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status sekolah dengan kemampuan berpikir kritis matematis guru, sehingga dalam kasus ini kemampuan berpikir kritis tidak ada kaitannya dengan status akreditasi. Begitu juga analisis dari data kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status sekolah dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Status akreditasi sekolah bukan tolak ukur utama kualitas berpikir kritis siswa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jmpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2502-9878, p-ISSN: 2502-986X) is a journal publishes original research and review articles in the field of mathematics and mathematics education. This journal published twice a year (in March and ...